Aspek Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini

Aspek Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini

Perkembangan dan pertumbuhan anak sangat erat kaitannya dengan sisi psikologis anak. Sehingga, sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui perkembangan psikologi anak pada anak usia dini. Dalam tahap perkembangannya, anak mengalami satu masa penting yang dinamakan masa keemasan dimana pada masa tersebut anak sangat sensitive dan peka.

Pada masa keemasan tersebut, anak mengalami tingkatan perkembangan yang sangat pesat di semua aspek yaitu emosi, motorik, bahasa, dan juga sosial. Perkembangan pada periode emas ini berlangsung pada usia 0-8 tahun dan pada tahun berikutnya perkembangan seperti itu tidak akan terjadi lagi. Berikut ini beberapa aspek perkembangan kognitif anak usia dini yang perlu diketahui para orang tua.

  • Perkembangan kognitif

Perkembangan kognitif pada anak terbagi menjadi empat tahap yaitu tahap sensor motor saat anak usia 0-2 tahun. Anak mulai mengembangan kemampuan refleks mereka pada tahap sensor motor ini. Tahap selanjutnya adalah tahap pra-operasional pad ausia 2-7 tahun. Pada tahap ini anak mulai menerima rangsangan yang sifatnya masih terbatas. Tahap pra-operasional ini dilanjutkan dengan tahap konkret operasional saat anak usia 7-11 tahun yang ditandai dengan kemampuan anak untuk menjalankan operasional secara nyata. Tahap terakhir perkembangan kognitif adalah formal operasional saat anak beranjak dewasa yang ditandai dengan kemampuan berfikir dan memecahkan masalah.

  • Perkembangan bahasa

Perkembangan bahasa pada anak dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pre-lingual pada usia 0-1 tahun yang ditandai dengan anak mulai mengoceh, periode lingual pada usia 1-2,5 tahun, dan periode diferensiasi pada usia 2,5-5 tahun.  

  • Perkembangan fisik

Perkembangan fisik pada anak berkaitan derat dengan perkembangan motorik yang dibagi menjadi dua aspek yaitu motoik kasar dan motorik halus.

  • Perkembangan sosio-emosional

Pada anak usia dini, perkembangan sosio-emosional sangat penting karena pada masa ini rasa percaya diri dan kemandirian akan mulai terbentuk pada diri anak. Untuk menunjang tumbuh kembang anak, orang tua bisa memberikan asupan gizi yang seimbang serta dibantu dengan susu wyeth agar anak bisa tumbuh maksimal.