Gejala Radang Tenggorokan Serta Penyebabnya

penyakit radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus
penyakit radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus

Jika pita suara kita mengalami peradangan itu tandanya kita mengalami radang tenggorokan. Penyebab dari penyakit ini adalah beban kerja yang terlalu berlebihan pada pita suara. Kondisi seperti ini terjadi karena kita sering berteriak, terlalu banyak bicara seharian penuh, banyak makan makanan yang pedas dan manis, dan bernyanyi secara terus menerus. Gejala radang tenggorokan yang bisa kita alami dengan melihat kasus di atas adalah suara serak dan parau dan lemah, tidak bisa berbicara sama sekali yang ditandai dengan sakit tenggrokan dan batuk kering.  Penyebab lainnya pada radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri streptococcus. Bakteri ini dapat menular melalui udara ketika seseorang bersin ataupun batuk, maka kita perlu berhati-hati ketika ada seseorang atau teman kita yang sedang sakit tenggorokan karena nantinya bakteri tersebut dapat menular kepada kita melalui udara. Selain melalui udara, bakteri ini dapat menular juga melalui makanan, minuman dan benda-benda yang dapat terinfeksi oleh bakteri ini.

Penyebab yang lainnya dari radang tenggorokan adalah udara kering, polusi udara, alergi, dan beberapa penyakit seperti batuk, pilek, campak, cacar air, flu serta sesak napas. Gejala radang tenggorokan yang biasa sering dialami oleh seseorang diantaranya adalah terasa sakit pada tenggorokan anda, membengkaknya pada amandel dan menjadi kemerah-merahan, terdapat bintik merah kecil lebih dari satu di bagian belakang atap mulut, susah menelan serasa ada yang mengganjal dalam tenggorokan, Pembengkakan pada kelenjar getah bening leher, biasanya seseorang yang terkena radang tenggorokan akan mengalami demam, sakit kepala dan badan terasa lelah, terasa gatal di tenggorokan, tenggorokan kering, suara kasar dan serak serta parau.

Jika yang anda rasakan tidak seperti gejala di atas, maka anda harus cepat-cepat pergi ke dokter atau rumah sakit, dengan gejala seperti kesulitan bernapas, air liur yang sangat berlebihan karena ketidakmampuan dalam menelan, radang tenggorokan yang terjadi lebih dari seminggu, susah membuka mulut, nyeri persendian, sakit telinga, ruam pada kulit, demam tinggi, ada bercak darah dalam air liur atau dahak, radang tenggorokan sering terjadi pada anda atau berulang, ada benjolan di leher, suara serak dengan intensitas waktu lebih dari dua minggu.

Gejala-gejala di atas jangan anda remehkan, karena akan berdampak buruk dan menjalar ke bagian organ lain dan berpotensi menimbulkan komplikasi penyakit yang lebih berbahaya.