Seperti Apa Cara Diet yang Realistis ?

Menurunkan berat badan berlebih memang tidak bisa dikatakan sebagai sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Diet adalah langkah yang tepat memang untuk dilakukan agar berat badan yang ideal bisa diperoleh. Pada dasarnya, berat badan sendiri tergantu terhadap asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh serta banyaknya kalori yang keluar melalui aktivitas fisik. Sebuah berat badan yang ideal bisa didapatkan apabila asupan kalori telah sesuai dengan kadar energi yang keluar. Sementara, untuk menurunkan berat badan berlebih, yang perlu untuk dilakukan adalah mengurangi asupan kalori serta lebih meningkatkan aktvitas fisik. Itulah sebetulnya kunci penting dalam diet yang realistis.

Seperti yang dikertahui bahwa sekarang ini orang yang ingin menurunkan berat badan hanya terfokus pada usaha-usaha agar berat badan bisa turun dan tubuh bisa langsing tanpa memikirkan apakah langkah diet yang dilakukan sudah tepat atau belum. Sehingga kalau langkah diet dilakukan tidak tepat, hal ini hanya akan berujung pada datangnya masalah kesehatan. Menerapkan diet yang realistis bisa dimulai dari hal-hal yang kecil. Seperti apa cara diet yang realistis ? Kita bisa mulai dengan menetapkan sasaran diet dengan jelas. Melakukan sebuah perubahan dan disiplin terhadap perubahan tersebut bisa dikatakan sebagai kunci utama suksesnya diet.

 

Buatlah rencana penurunan berat badan dengan jatah waktu yang wajar, yang sekiranya mampu untuk dicapai, yang realitis. Contohnya saja menargetkan turun 3 kilogram dalam 1 bulan, target yang tidak cukup kecil Setelah berhasil, maka buatlah target yang berikutnya. Setelah ditentukan targetnya, cara diet realistis yang berikutnya adalah mulai untuk mengurangi kebiasaan yang bisa menaikkan berat badan. Contohnya adalah konsumsi makanan penutup yang cenderung makanan manis, ini bisa mulai dikurangi secara bertahap dan meningkat jika rencana yang kecil sudah berhasil dilakukan.

 

Tepati waktu makan, ini adalah cara diet yang realitis. Tidak makan justru bukan merupakan langkah tepat untuk diet yang sehat. Pasalnya, tidak makan hanya akan membuat perut merasa lapar sehingga memicu ingin makan yang berlebihan. Tetap tepati waktu makan secara teratur, namun perhatikan menu yang dikonsumsi. Cukupi kebutuhan karbohidrat, pilih protein yang tinggi lemak seperti ikan, sampai dengan cukupi asupan vitamin, mineral dan serat dari buah-buahan dan sayuran. Batasi makanan manis, makanan tinggi lemak dan kalori. Yang tidak kalah pentingnya, imbangi konsumsi makanan sehat dengan bergerak aktif. Sukses turunkan badan secara realistis tidak jauh dengan mencukupi aktivitas fisik seperti. Porsi dari olahraga bisa disesuaikan dengan usia dan kondisi fisik.