4 Makanan Terbaik untuk Menemani Ibu di Usia Kehamilan

4 Makanan Terbaik untuk Menemani Ibu di Usia Kehamilan
4 Makanan Terbaik untuk Menemani Ibu di Usia Kehamilan

Memasuki usia kehamilan ibu perlu memperhatikan kondisi buah hati dan kesehatan ibu sendiri. Sebab dalam waktu dekat proses persalinan akan dilewati dan membutuhkan kesiapan fisik maupun mental. Selama di masa ini ibu hamil juga sebaiknya lebih hati-hati sebab rentan terjadi kelahiran prematur usia kandungan ini. Usahakan menikmati makanan kaya nutrisi yang membantu menjaga kesehatan janin dan menyiapkan tubuh untuk melewati persalinan dengan mudah dan lancar.

Makanan Terbaik saat Memasuki Usia Kehamilan

Nutrisi ibu hamil di usia kehamilan perlu diperhatikan dengan seksama untuk mencegah kelahiran prematur maupun kemungkinan buruk lainnya.

Adapun jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi di usia kandungan ini adalah:

  • Atasi konstipasi dengan yogurt,

Kehamilan yang semakin besar di usia kehamilan ke atas biasanya pencernaan ibu akan terdesak posisi janin. Sehingga sering mengalami konstipasi dan sebaiknya tidak mengejan saat buang air besar sebab bisa memicu kelahiran prematur. Baiknya makan yogurt yang efektif melancarkan pencernaan dan melunak kan feces. Proses buang air pun tidak akan menyiksa dan menyehatkan tubuh ibu menjelang persalinan.

  • Makanan untuk meredakan keluhan heartburn,

Ibu yang hamil tua kerap mengalami heartburn yakni muncul rasa perih dan sakit di lambung sehingga merasa tidak nyaman. Keluhan ini ternyata bisa ditangani dengan makanan tertentu sehingga tidak perlu minum obat. Apalagi selama hamil terutama di masa usia kehamilan  dianjurkan tidak minum obat jenis apapun kecuali multivitamin. Hindari pula makanan yang memicu keluhan ini misal makanan yang terlalu pedas, makanan rasa asam, coklat, maupun minum kopi.

  • Mengatur makan sedikit demi sedikit,

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya ketika hamil tua dan kandungan semakin membesar maka pencernaan ibu akan terpengaruh. Mulai dari kesulitan buang air besar, terlalu sering buang air kecil, sampai mudah sekali kenyang. Dianjurkan saat hamil tua ibu memilih makan sedikit demi sedikit namun sering. Jika terlalu banyak mengambil makanan nanti tidak akan habis dan tidak mungkin sisa makanan dimakan beberapa jam kemudian. Dianjurkan ambil porsi kecil lalu satu jam kemudian makan lagi sehingga perut kenyang namun tidak berlebihan.

  • Minum susu menjelang pergi tidur,

Hamil besar membuat ibu kerap sulit tidur karena bingung memilih posisi yang tepat saking besarnya ukuran perut ibu. Miring menjadi posisi terbaik sehingga ibu bisa bernafas dengan lega dan tidur lebih nyenyak. Namun untuk membantu proses tidur di malam hari menjelangnya perlu minum susu hangat. Selain menenangkan juga memenuhi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan ibu dan janin. Penuhi kebutuhan susu sehat hamil ini untuk membantu menjaga kesehatan ibu di usia kehamilan disini.